Hubungan Bahasa, Kognisi, dan Kebudayaan

Hubungan Bahasa, Kognisi, dan Kebudayaan

Bahasa itu bagian dari kebudayaan ditransmisikan secara turun menurun, bahasa ini merefleksikan proses dan isi kognisi seseorang. Manusia itu di dalam alam kognisinya memiliki kebudayaan dan bahasa itu digunakan untuk melestarikan/mempertahankan kebudayaannya.Kognisi berisi ide, ide berkenaan dengan obyek.

Gagasan seseorang mengenai kursi tidak langsung. Manusia mengetahui obyek datang dari simbol, ide saya berkenaan dengan suatu obyek datang melalui kata (simbol), simbol ini memberi batas pada obyek, batas via ciri-ciri, fungsi, cara pakai. Simbol membatasi apa yang harus kamu lihat, artinya ada proses seleksi di dalamnya.  Simbol mengarahkan dan membatasi apa yang harus seseorang lihat. (contoh, Amrika mendengarkan bunyi tembakan bang, Indonesia  dor, à ini karena pengalaman tidak dialami langsung, melainkan diperantarai simbol, pemaknaannya menimbulkan bahasa).

Hubungan Bahasa, Kognisi, dan Kebudayaan

Hubungan Bahasa, Kognisi, dan Kebudayaan

Hubungan Bahasa dengan Kognisi

Bahasa adalah perantara artikulasi kognisi atau bahasa pembentuk kognisi. Hidup di dunia, lihat obyek disekeliling, dapatlah pengalaman, pengalaman itu bentuknya seperti arus air yang belum terpilah-pilah, kemudian pengalaman itu dipilah-pilah, dilabeli, setelah ia mempunyai ide. Obyek diluar sana hubungannya dengan kita itu tidak langsung, melainkan melalui ide, melalui kognisi,

Kognisi: pengertian

Recognition: mengenali

Melalui cognition bisa recognize. Kalo suatu kebudayaan tidak punya term A, ketika dia bertemu dengan obyek A, dia tidak punya pemahaman tentang itu. Ketika Ide sudah dimiliki bersama, disepakati (misal melihat bulan hanya dari aspek terang) ide tersebut kemudian menjadi kebudayaan.

(Sri Fitri Ana, Antropologi, Universitas Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s