Desain Penelitian Etnografi

Desain Penelitian Etnografi

John W. Creswell

Menurut Locke, tujuan penelitian adalah menunjukkan alasan mengapa ingin melakukan penelitian dan apa yang ingin dicapai dari penelitian tersebut. Hal ini sering disebut dengan tujuan penelitian karena menggambarkan dari tujuan atau maksud dilakukannya penelitian dalam satu atau beberapa kalimat. Dalam proposal peneliti harus membedakan secara jelas antara tujuan penelitian, masalah penelitian, dan rumusan masalah. Tujuan penelitian mengindikasikan maksud penelitian, bukan masalah atau isu yang dapat menuntun pada keharusan diadakannya penelitian. Tujuan penelitian bukan pula rumusan masalah penelitian yang didalamnya mengandung sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang akan terjawab dalam penelitian. Tujuan penelitian adalah kumpulan pernyataan yang menjelaskan sasaran, maksud-maksud, atau gagasan-gagasan umum diadakanya suatu penelitian.

Tujuan penelitian kualitatif pada umumnya mencakup informasi tentang fenomena utama yang dieksplorasi dalam penelitian, partisipasi penelitian, dan lokasi penelitian. Tujuan penelitan kualitatif juga bisa menyatakan rancangan penelitian yang dipilih

Hal yang mendasar yang ditulis dalam tujuan penelitian yaitu menggunakan kalimat seperti tujuan, maksud, atau sasaran untuk menandai tujuan penelitian yang akan ditulis. Fokus pada satu fenomena (konsep atau gagasan) utama. Persempit penelitiannya menjadi satu gagasan untuk dieksplorasi dan dipahami. Fokus ini berarti bahwa tujuan penelitian kualitatif tidak boleh menunjukan dua atau lebih variabel yang saling berelasi, atau justru membandingkan dua atau lebih katagori tertentu seperti yang sering dijumpai dalam penelitian kualitatif. Gunakan verba tindakan untuk menunjukan bahwa ada proses learning dalam penelitian. Verba atau frasa tindakan, seperti mendeskripsikan, memahami, mengembangkan, meneliti, atau mengamati, akan membuat penelitian terbuka atas kemungkinan-kemungkinan lain: suatu ciri yang menunjukan bahwa penelitian adalah penelitan kualitatif. Gunakan kata-kata yang berfrase netral.

Selain itu, sajikan definisi umum mengenai fenomena atau gagasan utama, khususnya jika fenomena tersebut merupakan istilah yang tidak dipahami oleh pembaca luas. Tujuan disajikannya definisi umum ini adalah untuk menunjukkan kepada pembaca makna general dari fenomena yang diteliti sehingga mereka dapat lebih memahami informasi yang dijabarkan dalam penelitian. Jelaskan para partisipan yang terlibat dalam penelitian dan tunjukkan lokasi penelitian. Gambarkan tempat ini secara detail sehingga pembaca benar-banar mengetahui dimana penelitian tersebut dilaksanakan. Gunakan bahasa yang membatasi ruang lingkup partisipan atau lokasi penelitian. Pembatasan-pembatasan ini akan membantu peneliti untuk lebih jauh menjabarkan parameter penelitiannya. (Sri Fitri Ana, Antropologi, Universitas Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s