Speech Community

Speech Community (komuniti ujaran), definisi-definisi yang ada mencakup pengertian (1) penggunaan bahasa yang sama; (2) aturan baca dan interpretasi ujaran yang dimiliki bersama; dan (3) kesamaan sikap dan nilai yang menyangkut penggunaan bahasa. Perlu ada pembedaan (1) partisipasi dan (2) keanggotaan dalam sebuah speech community. Setiap individu merupakan kumpulan identitas yang terkait dengan penggunaan bahasa atau laras bahasa tertentu. Misalnya bahasa ibu, masalahnya setiap orang bisa berbahasa lebih dari satu bahasa dalam berkomunikasi dengan orang lain, tergantung dengan siapa Ia berkomunikasi.

Kriteria yang digunakan untuk mengawali analisis sulit ditetapkan, karena speech community tidak dapat disamakan dengan kelompok orang yang berbahasa sama. Oleh karena itu, kriteria untuk menetapkan komuniti adalah adanya pengalaman bersama, yang dalam sebuah speech community berarti pengalaman yang menyangkut penggunaan dan penginterpretasian bahasa oleh para pelaku, maupun nilai yang mereka berikan terhadap bahasa tersebut. Misalnya Malaysia dan Indonesia, pengalaman masing-masing sama-sama rumpun melayu tetapi mempunyai latar belakang tersendiri, bukan merupakan satu community, meskipun paham akan bahasa lain.

Perlu ada perhatian pada fungsi-fungsi sosial. Bahasa dalam fungsi memisahkan atau membedakan dan menyatukan. Batas-batas komuniti ujaran mungkin tegas atau sebaliknya lemah. Misalnya berbicara dengan ragam halus dalam bahasa Jawa pada orang tua. Memisahkan karena si pengujar membatasi diri dari yang di ujar, sebaliknya menyatukan mereka yang sedang berbicara dalam bahasa Jawa. Selain itu, bukan pula sekadar membedakan karena hanya ada 2 pihak, tetapi mengkategorikan karena bisa lebih dari 2, 3, atau 4.  Misalnya penggunaan bahasa antara laki-laki dan perempuan dalam satu community yang berbeda, kosakata yang digunakan lain meskipun dalam satu community. (Sri Fitri Ana, Antropologi, Universitas Indonesia)

2 responses to “Speech Community

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s